Selasa, 14 Juni 2016

Bahaya Stres Terhadap Kesehatan Fisik dan Psikis

Adanya aktivitas yang semakin padat setiap harinya yang banyak menyita waktu dan ditambah dengan beban kehidupan yang semakin kompleks tidak jarang membuat stres. Stres memang sangat jarang sekali disadari dan sepintas terlihat sangat sederhana. Namun akibat yang di rasakan dari stres cukup serius bahkan pada situasi tertentu dapat berujung pada kematian. Stres yang dialami oleh setiap orang memang memiliki tanda atau gejala yang berbeda-beda dan begitupun dengan penyebabnya. Semua tergantung pada kemampuan masing-masing individu yang menghadapinya. Apakah Anda termasuk orang yang pernah mengalami stres? Lantas akibat buruk apa yang Anda rasakan pada saat itu? Dampak yang dirasakan memang berbeda-beda. Biasanya jika seseorang yang sudah merasakan stres untuk menghilangkannya mereka memilih untuk reflesing ataupun dengan pergi ke suatu tempat yang dapat membantu menghilangkan sejenak beban dalam dirinya. Tapi tak jarang juga yang justru melampiaskan beban stresnya dengan mengonsumsi obat-obatan. Perlu Anda ketahui justru hal tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Berkaitan dengan stres terdapat banyak sekali dampak buruk terhadap kesehatan secara fisik ataupun psikis Anda. Lantas apa saja bahaya stres terhadap kesehatan fisik dan psikis Anda? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Bahaya Stres Terhadap Kesehatan Fisik dan Psikis yang Dapat Anda Ketahui

Sering Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan salah satu kondisi pertama kali yang sering dialami kebanyakan orang pada saat mengalami stres. Bisa dipastikan hampir semua orang pernah mengalami hal ini yaitu sakit kepala. Namun sayangnya dari mereka belum menyadari jika sakit kepala yang datang secara tiba-tiba tersebut merupakan dampak buruk dari stres yang saat itu mereka alami. Bukan hanya itu saja, biasanya sakit kepala yang dirasakan seseorang yang disebabkan karena stres sering disertai dengan rasa kaku pada
kepala. Untuk mengatasinya Anda cukup dengan menenagkan diri sejenak, banyak minum air dan melakukan pijatan ringan pada kepala dan leher Anda. Dengan begitu sakit kepala yang Anda rasakan akan hilang.

Insomnia
Biasanya orang yang baru memiliki beban pikiran sering kali sulit untuk tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Insomnia bukan hanya sulit untuk tidur tapi bisa saja membuat seseorang tidurnya hanya sebentar dan tidak nyenyak. Dari kondisi tersebut yang sering terjadi maka akan menyebabkan tubuh menjadi lelah, lesu dan letih sehingga membuat tubuh tidak bergairah pada saat melakukan aktivitas setiap harinya. Selain itu dampak buruk dari insomnia akan menyebabkan penyakit berbahaya yang dapat dialami oleh penderita yaitu jantung, hipertensi, diabetes dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya.

Hilangnya Konsentrasi dan Mudah Lupa
Bahaya stres terhadap kesehatan fisik dan psikis adalah membuat hilangnya konsentrasi dan mudah lupa. Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa strs kronis akan menyebabkan seseorang mudah mengalami kehilangan konsentrasi. Hal ini dikarenakan hormon yang dilepaskan ketika seseorang sedang mengalami stres akan menekan memori jangka pendeknya. Namun, tidak perlu khawatir efek lupa ini pada umumnya berlangsung hanya sementara saja. Selain itu stres juga akan mengganggu konsentrasi seseorang.

Nah itulah beberapa bahaya dari stres terhadap kondisi kesehatan fisik dan psikis yang dapat Anda ketahui. Semoga dengan penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh kita .
Baca juga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar